Selasa, 07 April 2009

Cerpen <1>

Cambuk dari Seorang Sahabat
“Mei, belum berangkat juga? Nanti kesiangan, lho…”, tegur kakakku. Agus. Tepatnya Agustian. Mungkin dia heran liat aku yang belum berangkat sekolah juga. Padahal waktu sudah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Biasanya jam 06.00 WIB aku udah berangkat ke sekolah, karena aku selalu pergi ke sekolah dengan jalan kaki.
“Yee… malah bengong…”.
“Eh, iya, Kak! Ni juga udah mau berangkat”, jawabku akhirnya.
“Hmm… Ayo donk cepetan berangkat. Sebentar lagi pasti udah masuk. Nanti kalo kesiangan kena hukuman lagi loh…”, pesan Kaka. Fiuh,… Kaka benar. Kalo aku kesiangan, aku pasti kena hukuman. Tentu saja aku akan ngerepotin Kaka lagi. Bahkan ngerepotin Mama dan Bapa juga.
“Kalo gitu, Mei berangkat dulu ya, Ka! Do’ain, ya… mmm… semoga Mei ngga kesiangan”.
“Ya. Tentu saja. Kaka pasti selalu do’ain Mei”.
* * *
Fiuh,… akhir-akhir ini aku jadi kurang semangat dating ke sekolah. Buat belajar pun aku jadi males. Sekali aja liat buku pelajaran, atak ini langsung dret-, ngga bias dibuat mikir.
“Hai, Mei, lagi ngapain?”, Tanya Ela, temen sebangkuku sekaligus sahabatku.
“Biasa… La sendiri udah dari mana?”, tanyaku sambil mesem-mesem. Soalnya ketauan lagi ngelamun.
“Dari Kantor. Udah bayar SPP.Hehe… jadi malu. Udah terlambat, ya? La nunggak 2 bulan nih, Mei… dan sekarang La baru bias bayar”.
“Deg!!!”
Ah, La… Kamu, terlambat 2 bulan aja udah merasa malu seperti itu. Gimana kalo terlambat seperti aku? Apa kamu tau,La? Aku udah nunggak SPP hamper 2 tahun!!! Silahkan aja kamu hitung sendiri berapa hutangku pada sekolah. Dan apa kamu tau, La? Karena masalah nunggak bayaran inilah yang membuat Mei akhir-akhir ini jadi malas belajar. Walaupun Bu Hana, Kepala Sekolah kita, sudah mengatakan bahwa ‘Mei sekolah aja. Belajar aja seperti murid yang lain. Soal bayaran, nanti aja kalo Mei udah punya.’ KTapi,Bu. Ternyata Mei ngga bias. Tiap hari Mei diliputi rasa bersalah pada sekolah yang ngga mampu buat bayar SPP. Bahkan sekarang, prestasi Mei pun jadi nurun. Mana rasa terima kasih dari Mei tuk sekolah???
“Mei?”
“eh, ya, La?”
“Kamu kenapa? Kok nangis?”
“Eh?” aku nagis? Ya Allah,… kenapa air mata ini harus keluar?
“Kamu kenapa, Mei? Sakit?”
“Aku ngga apa-apa kok! Sungguh!!” Ya Allah,… apa yang harus aku jelaskan pada Ela???
‘Bohong!!! Kamu pasti……”
Ah,… untung saja ada guru yang datang. Tentu saja. Ela tidak bias lagi menginterogasiku lagi.
* * *
“Kenapa kamu ngga pernah cerita sama aku?” Tanya Ela tiba-tiba. Waktu pulang sekolah, tiba-tiba Ela menarik tanganku ke kelas yang kosong, dan dia langsung bertanya padaku tentang sesuatu yang tak kumengerti.
“Cerita apa, La?” tanyaku tak mengerti.
“Lalu ini apa, hmh?” tanyanya sambil menunjukkan sebuah buku. Ya Allah,… kenapa diary itu bias ada di Ela?
“Selama ini kamu anggap aku ini siapa sih? Bukankah aku udah bilang kalo kita itu sahabat? Selama ini aku selalu curhat sama kamu. Masalah apapun itu. Setiap masalah yang aku hadapi, pasti aku ceritakan sama kamu. Tapi kamu? Aku benar-benar kecewa sama kamu!!” Ela menarik napasnya dalam-dalam.
“Apa kamu tau,Mei? Mama kamu nyekolahin kamu ke sini tuh supaya kamu jadi anak pinter. Supaya kamu bias menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, nusa dan bangsa mungkin. Liat donk ortu kamu! Walaupun mereka ngga punya uang, mereka tetep semangat buat nyekolahin kamu. Tapi mana hasilnya? Mengecewakan!!! Bukannya berbakti, prestasimu malah menurun drastis.”
‘Seharusnya ini jadi kesempatan buat kamu. Walaupun kamu belumbayar SPP, tapi kamu bias balas budi dengan cara berprestasi yang tinggi. Seharusnya dengan ketidakmampuan kamu dalam masalah ekonomi, itu bias menjadi cambuk buat kamu supaya kamu bias lebih berprestasi dari orang lain yang udah bayar SPP. Seharusnya kamu…..” keliatannya ela udah kehabisan napas. Dia menangis. Kami menangis.
“kenapa kamu ngga pernah cerita, Mei?” tanyanya di sela-sela tangisnya.
“Maafkan aku, La. Aku ngga mau membuat bebanmu bertambah.”
“Tapi,…”
“Tapi, sekarang aku nyadar. Kenapa ngga dari dulu aku cerita. Mungkin, bebanku akan sedikit berkurang. Dan bahkan, aku diberi cambukan. Cambukan semangat tuk jadi anak yang berguna.”
“Jadi,…”
“Ya! Mulai sekarang, akan kubuktikan kepada semua orang, kalo aku, Mei, bias menjadi anak yang berbakti, berterima kasih pada orang yang udah membuat aku jadi seperti ini”.
“Hmm,…” Ela tersenyum padaku. Senyum terhangat yang pernah ia berikan untukku. Kemudian ia memelukku.
“Inilah salah satu manfaat sahabat!”
Ya, La! Akan kubuktikan pada dunia, kalo aku,….. BISA!

Tidak ada komentar: