Rabu, 25 Maret 2009

cerpen <3>

Demo lagi, demo lagi. Sepertinya ngga ada kegiatan lagi selain demo ini yang bisa dilakukan di negara kita, Indonesia . Demo penolakan kenaikan BBM lah, demo kebebasan beragama, demo emansipasi wanita lah, de-el-el. Kita emang negara yang demokrasi, tapi kalo harus menekan korban jiwa sih, apa itu yang dinamakan demokrasi??? “Emang. Demokrasi. Tapi demokrasi yang kebablasan.”begitulah kata temenku, Dewi. Aku setuju banget dengan pendapatnya.
“Lain kali, aku juga mau demo ah. Demo tentang kebebasan mengerjakan PR!”seru Fita. Kami semua tertawa. Ternyata Fita masih menyimpan n’ menimbun rasa dendamnya pada Bu Ratna yang telah menghukumnya karena tudak mengerjakan PR Matematika. Selain harus mengerjakan tugasnya yang fery doble, Fita juga harus mengumpulkan tusuk sate sebanyak 10 tusuk yang ada di halaman sekolah, yang menurutku tidak akan sampai 5 tusuk jumlahnya. Mana ada sampah yang berserakan di sekolah kami ini. Karena kalo ketahuan buang sampah sembarangan akan dihukum. Tau ngga apa hukumannya? Mindahin sampah yang ada di dalam tong sampah depan kelas 1 sampai kelas 3 ke TPAS alias Tempat Pembuangan Akhir Sekolah yang tepatnya berada di belakang sekolah. Bukan itu aja. Mereka juga harus memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Wua… mana ada yang mau belepotan sampah yang bau itu hanya karena males buang plastik bekas permen. Ngga ada yang mau ambil resiko.
So, dengan sangat terpaksa sekali, Fita yang tidak menemukan 1 tusuk sate pun di halaman sekolah, rela ngubek-ngubek sampah di TPAS yang super bau itu untuk nyari 10 tusuk sate. Menyebalkaaaaaaaaaaan!!!!!! Begitulah teriak Fita selesai mendapatkan 15 tusuk sate yang ia dapatkan dengan sangat susah payah sekali. Dia sempet-sempetnya ngumpulin tusuk sate lebih dari yang dibutuhkan.
“Ini tusuk sate cadangan kalo suatu hari nanti dihukum lagi.”Gerutunya sebel.
“Emangnya kamu udah punya rencana buat dihukum lagi, Ta?”tanyaku menggodanya. Abis, aku paling seneng kalo godain orang yang lagi cemberut. Apalagi kalo Fita yang cemberutnya. Lucu…..
“Yah, sapa tauminggu depan kamu lupa ngerjain PR. Jadi, aku udah bantu nyariin nih. Aku kan sobat yang care. Ngga kayak kalian. Bukannya bantu nyariin, malah ngetawain… dasar!” gerutunya lagi makin cemberut.
“sorry deh, Ta. Tadi kita sebenernya bantu nyariin kok. Cuman sayangnya ngga dapet-dapet. Mm… tapi kita kan dah bantu, ye…” sela Dewi membela diri.
“Huuh…”
“Eh, ngomong-ngomong, demonya jadi ngga nih?”tantangku mengingatkan Fita dengan niatnya yang akan pengen demo.
“Demo? Males ah. Soalnya, mau gimanapun, yang namanya demo, ngga bisa ngerubah keputusan.bukan penyelesain masalah yang kita dapatkan. Malah penambahan masalah. Nanti yang ada malah kena hukuman lagi, deh.”
Setelah ngucapin kata-kata itu, Fita langsung beranjak dari kursi dan berlalu ke kelas karena bel masuk berbunyi.
Fita benar. Katanya, dia sering liat berita-berita di TV yang infonya tentang demo-demoan melulu. Dan Fita tau. Bukan solusi yang didapatkan dari demo. Tapi masalah yang semakin bertambah.
Kalo ngga salah sih, begitu yang diucapkan Fita pada waktu yang lalu. Ada benernya juga sih. Soalnya, keadaan di Indonesia saat ini, dengan sering diadakannya demo yang dilakukan oleh beberapa pihak, malah membuat keadaan semakin rumit.
^_^

Tidak ada komentar: